
KONTRAK PERKULIAHAN
Semester GasalTahunAkademik 2014/2015
AKUNTANSI
BIAYA
(MKB
304/MKB 305 /3 SKS)
Jenjang Strata I/ Progam Studi AkuntansidanManajemen
Dosen : AstriFitria, S.E., M.Si.,
Ak.
JadwalKonsultasi : Jam kerja (sesuaiperjanjian, diluar
jam mengajardanrapat)
Tempatkonsultasi :
RuangDosen
StandarKompetensi
(TujuanPembelajaran)
:Setelah
menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharap:
a. Mampu memahami dan
menjelaskan tentang akuntansi biaya.
b.Mampu melakukan perhitungan harga pokok, analisis
selisih biaya produksi
dan
melakukan pencatatan atas transaksi biaya ke dalam media pencatatan akuntansi
formal.
c. Mampu menyajikan laporan
informasi biaya untuk manajemen termasuk laporan
laba-rugi dalam
perusahaan manufaktur.
A.
Manfaat mata Kuliah:
Learning Outcome (Kompetensi Soft Skill)
Setelah memenuhi tujuan pembelajaran mata kuliah
Akuntansi Biaya ini, mahasiswa diharapkan mempunyai:
Kemampuan
di Bidang Kerja
1.
Mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam perhitungan harga pokok produk , analisis
selisih biaya produksi, pencatatan atas transaksi biaya serta pelaporan biaya
untuk berbagai jenis perusahaan.
2. Mampu mempelajari dan
mengembangkan sendiri (self learn) tentang perhitungan harga pokok
produk, analisis selisih biaya produksi
dan pencatatan atas transaksi biaya
serta penyajian informasi biaya untuk manajemen termasuk laporan laba rugi untuk
berbagai jenis perusahaan.
Penguasaan
Pengetahuan
1.
Mampu menjelaskan tentang akuntansi biaya
2.
Mampu menjelaskan tentang berbagai cara perhitungan harga
pokok produk, analisis selisih biaya produksi, pencatatan transaksi biaya
3. Mampu menjelaskan tentang
penyajian informasi biaya untuk manajemen termasuk untuk laporan laba rugi
Kemampuan
Managerial
1. Mampu memilih metode yang
tepat dan benar dalam perhitungan harga pokok, pencatatan biaya serta pelaporan
biaya untuk berbagai kebutuhan manajemen.
2. Memiliki kemampuan
bekerja secara tim, berdiskusi, dan toleran.
B. Deskripsi mata Kuliah:
Mata kuliahinimembahastentangkonsep biaya, pemanfaatan dan
perekayasaan informasibiaya
yang dapatdigunakanuntuk berbagaikebutuhanmanajemen.
C. OrganisasimataKuliah:
Organisasimatakuliahiniterdiridari:
1. AkuntansiBiaya
2. KonsepdanAruskos
3. PerilakudanEstimasiBiaya
4. PenentuanHargaPokokberdasarkan volume
5. PenentuanHargaPokokberdasarkanAktivitas
6. HargaPokokPesanan
7. Harga Pokok Proses
8. HargaPokokOperasi
9. ProdukBersama
10. HargaPokokStandar
D. StrategiPembelajaran:
Strategipembelajaranmatakuliahinimenggunakanmetodeceramah,
diskusi, kuis, danpraktikmenyelesaikansoal-soallatihanbaik yang ada di
bukuteksreferensimatakuliahmaupunsoal-soal lain yang disediakanolehdosen.
E. Tugas-Tugas:
1. Tugas mandiri,
Mahasiswasecaraindividumenyelesaikanmempelajaricontohsoaljawab
yang ada di bukureferensidanmenyelesaikansoal-soallatihanbaik yang ada di bukurefensimaupunsoal
yang disediakandosenuntukdikumpulkandan di bahasdalamkelas, sertadiadakankuis.
2. Tugas kelompok,
Mahasiswaakanmembentukkelompokterdiridari 4
sampai 5 orang mengerjakantugassecarakelompok (makalah
tentang proses produksi dari suatu produk yang dihasilkan perush.
Manufaktur, serta komponen dari setiap jenis biaya produksi tsb. setiap
kelompok memilih perush. manufaktur tertentu)untukdikumpulkandandidiskusikandalamkelas.
F.
KriteriaPenilaian:
PedomanPenilaian:
1.NilaiUjian Tengah
Semester (UTS) 30%
2.Nilai
Ujian Akhir Semester (UAS) 35%
3.Aktivitas
Kelas 35%
Keterangan:
§ Nilai diberikan dalam angka mutlak dengan
interval 0-100.
§ Aktifitas kelas adalah
keaktifan mahasiswa di dalam kelas (diskusi, ide/pendapat), penyelesaiantugas-tugas, dankuis.
§ Mahasiswahanyabolehmengikuti UAS
jikatingkatkehadiran (presensi) dalammengikutikuliahtidakkurangdari 75%.
JADWAL KULIAH:
PERTEMUAN
|
MATERI
(KEGIATAN DALAM KELAS)
|
BAHAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
LUAR KELAS
|
1
|
Akuntansi Biaya
- Pengertian Akuntansi Biaya 1- Perbandingan Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Keuangan 2- Proses Manajemen 2- Tema-tema Baru dalam Akuntansi Biaya 4- Sertifikasi dan Kode Etik Akuntan Manajemen |
Buku 1, bab 1
|
3 x 50’
|
Contextual
instruction
|
Studi Mandiri
Mengerjakan soal latihan 1, 2,
3, dan 4 (buku 1)
|
KonsepdanArusCost
- Pengertian Kos
- Different Costs for Different Purposes
- Biaya Produksi,
Pemasaran dan Administrasi
- PembebananBiaya OverheadPabrik 15
- PerlakuanSelisih BOP
- LaporanHargaPokokProduksi 17
- Pemacu Biaya yang
Berhubungan dengan Volume 19
- DampakComputer IntegratedManufacturing
|
Buku 1, bab 2
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
Studi Mandiri
-
Mengerjakan soal latihan 1, 2, 3, 4,
5 dan soal 6 (buku 1)
-
Tugas individu dikumpulkan pada pertemuan 3, soal
disediakan dosen
|
||||
2
|
Perilaku dan EstimasiBiaya
- PolaPerilakuBiaya
- RentangKegiatanRelevan 28
- HubunganNonlinier 28
- BiayaPerunit dan Biaya
Total 28
- BiayaSemivariabel 29
- DampakOtomasiKegiatanManufaktur 33
- PerilakuBiaya 33
- EstimasiBiaya 34
- MetodeEstimasiBiaya
- Membahassoaltugas
individu
|
Buku 1, bab 3
|
3 X 50 ‘
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
Studi Mandiri
Memahami soal-jawab 1 dan 2.
Mengerjakan soal latihan 2, 3, 6, dan
7 (buku 1)
|
||
3
|
Penentuan Harga Pokok Berda-
sarkan Volume
-
Kapasitas Produksi 51
-
Klasifikasi Biaya 52
-
Tarip Tunggal BOP (Plantwide Rates) 53
- Departemenisasi BOP (Departmental
Rates) 56
- PenentuanHargaPokokBerdasarkan Volume
|
Buku 1, bab 4
|
3 x 50 ’
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
Studi Mandiri
Memahami soal-jawab 1, 2, 3,
dan 4.
Mengerjakan soal latihan 3, 4,
dan 5 (buku 1)
Tugas Kelompok
Mengumpulkan makalah tentang
proses produksi dari suatu produk yang dihasilkan perush. manufaktur. Serta
komponen dari setiap jenis biaya produksi tsb. (Setiap kelompok memilih
perush. manufaktur ttt dan dikumpul kan pada pertemuan 6)
|
||
4 & 5
|
Penentuan Harga Pokok
Berda-
sarkan Aktivitas
- Harga Pokok Produk
Perunit 81
- Pengukuran Biaya – Actual Costing dan Normal Costing 82
- KeterbatasanAkuntansiBiayaTradisional
- Unsur BOP yang tidak
Berkaitan dengan Unit
- Keragaman Produk 84
- Keragaman Volume 84
- Identifikasi dan
Klasifikasi Aktivitas 84
- Identifikasi Aktivitas 84
- Klasifikasi Aktivitas 85
- Penentuan Harga Pokok
- Berdasarkan Aktivitas 89
- Proses Dua Tahap dalam Pembebanan BOP
|
Buku 1, bab 5
|
2x3x50 ’
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
Studi Mandiri
Memahami soal-jawab 1, 2, 3. 4, dan 5.
Mengerjakansoallatihan
2, 4, dan 6. (buku 1)
Mempersiapkan diskusi tugas kelompok
|
||
6
|
HargaPokokPesanan
- Pengertian
- PenentuanHargaPokokPesanan 122
- PencatatanTransaksididalamHargaPokokPesanan
|
Buku 1, bab 6
|
3 x 50 ’
|
Contextual instruction & cooperative
learning
Small group discussion
|
Studi Mandiri
Memahami soal-jawab 1, dan 2.
Mengerjakan soal latihan 1, dan 2,. (buku 1)
|
||
7
|
- ABC dalamPenentuanHarga
PokokPesanan (lanjutan)
Presentasi dan diskusi
tugas kelompok (beberapa makalah yang terpilih) 164
|
Buku 1, bab 6
|
3 x 50 ’
|
Small group discussion
|
Mengerjakan soal latihan 3. (buku 1)
|
||
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
|||||||
8
|
Harga
Pokok Proses
- Penentuan Harga Pokok
Proses 15
- Unit Produksi Ekuivalen
(Satuan Setara)
- LaporanBiayaProduksi
- PerlakuanPersediaanBDP
pada AwalPeriode 184
|
Buku 1, bab 7
|
3 x 50 ’
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
Studi Mandiri
Memahami soal-jawab 1, dan 2.
Mengerjakan soal latihan 2, dan 4. (buku 1)
|
||
9
|
HargaPokokProses
(Lanjutan)
- TambahanBahanBaku di DepartemenProduksiLanjutan
- ProdukHilang dan Rusak
- ProdukHilang (Rusak)
Normal dan Abnormal
- PenentuanWaktuInspeksi
- Inspeksi pada
AkhirOperasi
- Inspeksi pada
PertengahanOperasi
- AllokasiHargaPokokprodukHilang(Rusak) Normal
|
Buku 1, bab 7
|
3 x 50 ’
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
Studi Mandiri
- Memahami
soal-jawab 3, dan 4.
- Mengerjakan
soal latihan 1, 3, 5 dan 6. (buku 1)
- Tugas
individudikumpulkanpertemuan 10, soaldisediakandosen
|
||
10
|
- ProdukCacat
- ProdukJadi
yangBelumDitransfer
HargaPokokOperasi
- Pengertian
- Penetapan Harga Pokok
Operasi
Membahas soal-soal hg pk proses
|
Buku 1, bab 7
Buku 1, bab 8
|
3 x 50 ’
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
Studi Mandiri
Mengerjakan soal latihan 1, dan 2.
|
||
11
|
Produk Bersama
- Pengertian Produk
Bersama
- Biaya Bersama
- Titik Pisah dan Biaya
Produksi yang dapat dipisah
- Penentuan Harga Pokok
Produk Sampingan
- Penentuan Harga Pokok
Produk Utama
- Produk Bersama dapat
Dijual pada Titik Pisah
- Produk Bersama tidak
dapat Dijual pada Titik Pisah
|
Buku 1, bab 9
|
3 x 50 ’
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
Studi Mandiri
Memahami soal-jawab 1, 2, 3 , 4 dan 5.
Mengerjakan soal latihan 1, dan 2. (buku
1)
|
||
12
|
Produk Bersama (Lanjutan)
- Titik Pisah Beragam
- Biaya Bersama dan
Keputusan Manajemen
- Membahassoal-soalprodukbersama
Harga PokokBerdasarkan Standar
- Pengantar
- Harga Pokok Standar
- Jenis-jenis Standar
- Manfaat Harga Pokok
Standar
|
Buku 1, bab 9
Buku 1, bab 10
|
3 x 50 ’
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
StudiMandiri
Mengerjakansoallatihan 3, dan 6.
|
||
13
|
Harga Pokok Berdasarkan Standar
(lanjutan)
- Harga Pokok Standar dan
Selisih Biaya Produksi
- Pertanggungjawaban
Selisih BiayaProduksi
- PencatatanHargaPokokStandar
- PerlakuanSelisihBiayaProduksi
kuis
|
Buku 1, bab 10
|
3 x 50 ’
|
Contextual instruction &
cooperative learning
Quiz
|
Studi Mandiri
-
Memahami soal-jawab 1, 2, 3 , 4 dan 5.
-
Mengerjakan soal latihan 1, dan 4. (buku 1)
-
Tugas individu dikumpulkan pertemuan 14, soal
disediakan dosen
|
||
14
|
Harga Pokok Berdasarkan Standar
(Lanjutan)
- Selisih Komposisi dan
Selisih Hasil Bahan Baku
- Membahas soal-soal
harga pokok standar
|
Buku 1, bab 10
|
3 x 50 ’
|
Contextual instruction &
cooperative learning
|
Studi Mandiri
Mengerjakan latihan 5.
Studi Mandiri
Mengerjakan soal latihan 1, 2, 4
dan 6.
|
||
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
|||||||
G.
KesepakatanTambahan:
1.
Mahasiswa dan dosen diharuskan hadir
tepat waktu, toleransi keterlambatan
hanya diberi waktu paling lama 15 menit
2.
Mahasiswa diwajibkan hadir perkulihan minimal 75 % dari kuliah efektif,
mahasiswa yang hadir kurang dari jumlah tersebut tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir semester (UAS).
3.
Mahasiswaharusmembawabukureferensi/bahan ajar setiapperkuliahan.
4.
Mahasiswaharusmembacapokokbahasansebelumperkulihansehinggadiharapkanmahasiswabisaaktifbertanyadanmenjawabpertanyaan
(diskusi) dalamperkuliahan .
5.
Mahasiswaharusmengumpulkantugas-tugas yang diberikan,
apabilatidakmengerjakandanmengumpulkanmahasiswaakandikuranginilaiaktivitaskelasnya.
6.
Selamaperkuliahanmahasiswaharusmengikutitatatertipperkuliahan,
diantaranya: dilarangramai, dilarangmerokok, dilarangmenghidupkan PONSEL,
haruspakaisepatu, tidakbolehpakaikaos yang tidakberkrah, dll.
7.
Dosenharusmengevaluasitugas-tugasataukuis.
8.
Dosenharusmenyerahkannilai UTS paling lambatpadapertemuanke 10
H.
Referensi:
1. Maswar Patuh Priyadi, Akuntansi Biaya
Pendekatan Tradisional dan Kontemporer, Edisi 2, STIESIA Press, 2014.
2. Letricia Gayle Reburn, Cost Accounting : Using a Cost
Management Approach, Edisi 6, 1999.
3. Bahanpustaka lain yang sesuaidenganpokokbahasan
Surabaya, 9 September2014
DosenPengampu
Mata Kuliah Koordinatormahasiswa
AstriFitria, S.E.,
M.Si., Ak ROBBY
HARTONO PUTRA
1310108205
0 comments:
Post a Comment